21 total views, 1 views today

Magetan, Kpud-magetankab.go.id – Demi memperdalam pengetahuan tetang kepemiluan, puluhan siswi SMK PGRI 1 Magetan mendatangi Rumah Pintar Pemilu (RPP) Jalak Lawu KPU kab Magetan, Kamis (28/11/2019). Para siswi yang juga di dampingi oleh guru mereka , dengan antusias  memperdalam tentang seluk beluk penyelenggaraan Pemilu dan pemilihan kepala Daerah.

Para siswi mengamati satu persatu media pendidikan yang ada di RPP Jalak Lawu mulai sejarah pemilu di Indonesia, Presiden dan Wakil Presiden dari masa ke masa, Sistem Pemilu, struktur penyelenggara Pemilu hingga miniatur dan tata cara pencoblosan. Mereka juga juga sangat tertarik menyaksikan secara documenter sejarah Pemilu yang ditayangkan melalui fasilitas audio visual di RPP Jalak Lawu.

“Inilah pengetahuan tentang Pemilu, mulai dari sejarah, hasil Pemilu termasuk pemilu presiden dan wakil presiden. Sistem pemilu, termasuk struktur KPU pusat hingga di daerah termasuk adanya PPK,PPS dan KPPS. Tata cara mencoblos di bilik hingga tata cara menggunakan hak pilih di TPS,” sepenggal penjelasan Anggota KPU Magetan Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyrakat dan SDM, Nur Salam.

Selain mempelajari media pendidikan dan informasi di RPP, para siswi juga menggelar diskusi dengan tema strategi Penerapan Pemilihan Ketua Osis (Pilektos) dengan sistem Pemilu. Selain itu mereka juga mendapatkan paparan tentang kepemiluan. “kami terbuka dan sangat senang ada kunjungan dari siswi-siswi SMK PGRI 1 Magetan, hal ini termasuk dalam pendidikan pemilih bagi pemilih Pemilu, agar tertanam nilai demokrasi dalam diri sejak dini.”Jelas Nur Salam

Menariknya siswi-siswi juga mendapatkan marchindise menarik ketika dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Staf KPU Magetan. Kunjungan ini disambut oleh seluruh jajajaran Ketua dan Anggota serta staf sekretariat KPU magetan. Mereka juga dikenalkan setiap bagian di kantor KPU Magetan.

KPU MAGETAN TINDAKLANJUTI PENGELOLAAN ARSIP PILBUP 2018
FASILITASI RPP: SMK YOSONEGORO MAGETAN KUNJUNGI RPP JALAK LAWU KPU MAGETAN