133 total views, 1 views today

Reporter : Billyn

Editor : Nur Salam

Manado, kpud-magetankab.go.id – Menangkal berita hoax menjadi perhatian dan evaluasi dalam mempengaruhi partisipasi masyarakat. Hal ini menjadi salah satu pokok bahasan dalam rapat evaluasi konsolidasi partisipasi masyarakat di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara. Jum’at (13/09/2019)

“Hoax & Hate Speech itu seperti narkoba. Ada yang produksi, ada yang distribusi, ada yang butuh dan ketagihan. Korban sulit disadarkan, padahal merusak mental, cara berpikir, dan bahayakan bangsa,” terang Henry Subiakto Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika RI Bidang Hukum dalam paparannya pada rapat konsolidasi

Lebih lanjut Henry menjelaskan, ada beberapa ciri-ciri hoax politik yaitu pesan dirancang untuk menciptakan kecemasan, kebencian, kecurigaan atau ketidakpercayaan, hingga permusuhan. Sumber informasi atau medianya tidak jelas. Mengeksploitasi fanatisme, kebencian berdasar sara, konflik antar klas, dan trauma masa lalu. Pesan tidak lengkap. Menggunakan kata-kata provokatif.

“Tapi kita tidak boleh kalah melawan hoax. Itu tantangan kita,” pesan Henry ke seluruh peserta rapat konsolidasi Parmas.

Selain itu Taufiq Pasiak dari Pusat Studi Otak dan Perilaku Sosial LPPM Universitas Sam Ratulangi Manado menjelaskan upaya menangkal hoax dari perspektif ilmu otak.

“Menurut hasil riset, hoax mudah masuk ke otak, karena menyentuh emosi dan memicu reaksi kebiasaan di bawah sadar. Kata-kata yang kuat secara emosional dan dilakukan secara berulang. Menghilangkan rasa cemas lalu menimbulkan rasa puas. Menguat dengan gambar atau/dan, terutama tampilan wajah. Beredar dalam kelompok secara masif dan ditularkan secara tak sadar,” papar Pasiak

Sementara itu, rapat konsolidasi regional di Kota Manado digelar guna mengevaluasi tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilu 2019. Rapat diikuti oleh anggota KPU Provinsi dan Kab/Kota di 10 Provinsi.  KPU Kabupaten Magetan diwakili Nur Salam Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM serta Kasubag Teknis dan Hupmas Andik Indarto.

TARGET BARU KPU, TINGKATKAN KUALITAS PARTISIPASI MASYARAKAT
DOA JAJARAN KPU UNTUK BJ HABIBIE SEBAGAI PAHLAWAN DEMOKRASI