135 total views, 1 views today

Yogyakarta – Dalam suatu kegiatan, evaluasi diperlukan untuk kinerja yang lebih baik lagi, untuk itu KPU Magetan mengadakan Rapat Pelaporan Penyusunan dan Pemutakhiran Data Pemilih Serta Evaluasi Pelaksanaan Pemilu Tahun 2019. Rapat ini diadakan di Hotel Amaris Malioboro Yogyakarta selama dua hari pada tanggal 15 sampai 16 Juni 2019 yang dihadiri oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Magetan.

“Sebuah kinerja itu pasti akan bisa tercapai atau tidaknya ini bisa dievaluasi setelah kinerja itu dilaksanakan. KPU Magetan melaksanakan kegiatan tersebut diakhir pelaksanaan rangkaian program pemilihan umum yang dilaksanakan pada tahun 2019,” ujar Fahrudin selaku Ketua KPU Magetan Periode 2019-2024 dalam sambutannya.

Kegiatan ini dimulai dengan pembahasan singkat terkait evaluasi pelaksanaan Pemilu Tahun 2019 oleh Ketua KPU Magetan Periode sebelumnya, Poppy MS Putranto. Pembahasan antara lain merujuk pada evaluasi terkait logistik dan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Tingkat partisipasi pemilih untuk jenis pemilihan Presiden dan Wakil Presiden di Kabupaten Magetan juga menjadi salah satu agenda yang dibahas dalam rapat tersebut. Ada tiga versi pembagi dalam menentukan tingkat partisipasi pengguna hak pilih yaitu berdasarkan DPT, lalu DPT ditambah DPTb, yang terakhir seluruh pengguna hak pilih (DPT+DPTb+DPK). Berdasarkan prosentase pengguna DPT tingkat partisipasi 82,10%. Prosentase pengguna DPT ditambah DPTb mendapatkan tingkat partispasi 81,28%. Untuk seluruh pengguna hak pilih prosentase partisipasi yaitu 80,64%. Prosentase ini sudah melebihi target partisipasi pengguna hak pilih sebesar 77,5%.

Wajah Baru KPU Kabupaten Magetan
Bukti Keseriusan, KPU Serahkan 272 Kontainer Alat Bukti Jawaban Sengketa PHPU di MK