298 total views, 3 views today

Jelang Penetapan

Reporter : Billyn

Editor : Nur Salam

Magetan, kpud-magetankab.go.id – Setelah bersaing ketat berebut dukungan pada Pemilu 2019, sedikitnya enam caleg perempuan dipastikan melenggang ke gedung DPRD Magetan. Ke-enam caleg perempuan ini mampu menyingkirkan puluhan caleg laki-laki baik di internal partai ataupun antar partai dengan raihan suara yang cukup fantastis.

Sebanyak enam caleg perempuan yang terpilih diantaranya dari PDI Perjuangan, Partai Demokrat, Partai Gerindra, dan Partai Keadilan Sejahtera. PDI Perjuangan mampu mengantarkan 3 caleg perempuan yang terpilih atau terbanyak dibanding partai lain. Sementara Partai Demokrat, Partai Gerindra, dan PKS masing masing menempatkan 1 calegnya untuk menduduki kursi DPRD Magetan.

“Hasil resmi perolehan kursi dan Caleg terpilih baru akan kita tetapkan pada Rapat Pleno terbuka KPU penetapan perolehan kursi dan Caleg terpilih Kabupaten Magetan. Saat ini kita masih menunggu perintah KPU RI yang masih menunggu adanya surat resmi dari Mahkamah Konstitusi,” ungkap Anggota KPU Kabupaten Magetan, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat (SOSDIKLIH PARMAS ) dan SDM, Nur Salam, Senin ( 15/07/2019).

Ke enam caleg perempuan yang melenggang ke DPRD Magetan yakni, Rita Haryati, Lasiyem dan Karmini ketiganya dari PDI Perjuangan. Khristina Amik Yetmiati dari Partai Demokrat, Endang Sulastri dari Partai Gerindra dan Preminiwati dari PKS.

Sementara dari enam caleg perempuan, Khristina Amik Yetmiati caleg perempuan dengan perolehan suara fantastis sejumlah 5.957 suara  disusul Rita Haryati dari PDIP dengan suara 4.906 suara.   Sementara daerah pemilihan penyumbang caleg perempuan terbanyak yang terpilih berada pada dapil IV meliputi, Bendo, Maospati dan Sukomoro sebanyak 3 caleg perempuan atas nama Endang Sulastri dari Partai Gerindra dan Preminiwati dari PKS dan Lasiyem dari PDI Perjuangan.

“Data itu bisa dilihat dari hasil perolehan suara partai dan caleg pada Pemilu anggota DPRD Magetan yang telah kita umumkan pada rekapitulasi suara pemilu 2019 tingkat Kabupaten bulan April lalu. Masyarakat juga bisa melihat di pengumuman KPU Magetan,” pungkas Salam.

Tabel : Daftar caleg perempuan

No Nama Parpol Dapil Suara
1 Khristina Amik Yetmiati Partai Demokrat II 5957
2 Rita Haryati PDI Perjuangan III 4.906
3 Endang Sulastri Partai Gerindra IV 3.584
4 Lasiyem PDI Perjuangan IV 3.664
5 Preminiwati PKS IV 3.030
6 Karmini PDI Perjuangan V 4.247

 

CALEG TERPILIH MAGETAN DIDOMINASI NOMOR URUT ATAS
CALEG PENDATANG BARU MENANGI PERSAINGAN SUARA TERBANYAK