184 total views, 3 views today

Jelang Penetapan

Reporter : Billyn

Editor : Nur Salam

Magetan, kpud-magetankab.go.id – Meski nomor urut tidak lagi menentukan keterpilihan, namun caleg terpilih Anggota DPRD Magetan pada Pemilu 2019 masih didominasi nomor urut atas. Rata-rata Caleg terpilih mayoritas berada pada nomor urut 1 dan 2. Sementara nomor urut bawah sangat minim mendapat dukungan hingga akhirnya terpilih.

Data hasil rekapitulasi perolehan suara pemilu 2019 di KPU Kabupaten Magetan menyebutkan, dari 45 caleg yang berpotensi terpilih 39 diantaranya merupakan Caleg pada nomor urut 1 dan 2. Sementara Caleg dengan nomor urut 3, hanya 4  Caleg diantaranya yang mampu meraup kursi. Sedangkan dua kursi berhasil dihuni caleg nomor 5 dan 8.

“Data hasil perolehan suara masing-masing Partai termasuk suara Caleg pada Pemilu Anggota DPRD Magetan sudah ditetapkan dalam rekapitulasi Suara tingkat Kabupaten Magetan bulan April lalu. Dan semua dokumen sudah kita berikan ke masing-masing partai. Hasil lengkap juga dapat dilihat di pengumuman KPU Magetan,” ungkap Anggota KPU Kabupaten Magetan, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat (SOSDIKLIH PARMAS ) dan SDM, Nur Salam, Senin ( 15/07/2019).

Dominasi caleg nomor urut 1 dan 2 mayoritas terjadi di lima daerah pemilihan yang ada di Kabupaten Magetan. Sejumlah Partai diantaranya PKB, Partai Gerindra, Partai Nasdem, dan Partai Demokrat, PPP, dan PKS, bagian dari partai yang didominasi Caleg nomor urut 1 dan 2 yang berhasil melenggang ke gedung DPRD Magetan periode 2019-2024.

Hanya dua partai yang mampu mengantarkan caleg berpotensi terpilih pada nomor urut bawah yakni PDI Perjuangan dan PAN. PDIP mampu mengantarkan caleg nomor urut 5 atas nama Sofyan dan PAN dengan caleg Winarno nomor urut 8. Sementara caleg nomor urut 3 sebanyak 4 caleg seluruhnya dari PDI Perjuangan  yang berpotensi ditetapkan sebagai caleg terpilih.

“Hasil resmi perolehan kursi dan Caleg terpilih baru akan kita tetapkan pada Rapat Pleno terbuka KPU penetapan perolehan kursi dan Caleg terpilih Kabupaten Magetan. Saat ini kita masih menunggu perintah KPU RI yang masih menunggu adanya surat resmi dari Mahkamah Konstitusi,”pungkas Nur Salam.

KPU SEGERA EVALUASI 7 BULAN MASA KAMPANYE PEMILU 2019
ENAM CALEG PEREMPUAN DIPASTIKAN MELENGGANG KE DPRD MAGETAN