126 total views, 1 views today

Reporter : Billyn

Editor : Nur Salam

Magetan, kpud-magetankab.go.id – Sebanyak 45 caleg yang berpotensi terpilih hasil Pemilu 2019, mengikuti  bimbingan teknis tentang tata cara penetapan perolehan kursi dan calon terpilih Pemilu 2019, Selasa (02/07/2019). Bimtek untuk memberikan pemahaman yang sama konversi suara sah menjadi perolehan kursi hingga caleg yang berhak menempati kursi yang diperoleh partai.

“Dengan Bimtek ini kami harapkan bisa memberikan pemahaman yang sama penghitungan perolehan kursi parpol dan caleg terpilih. Selain itu bimtek ini juga bagian dari persiapan penetapan perolehan kursi dan calon terpilih,” ungkap Ketua KPU Magetan, Fahrudin saat menyampaikan sambutan acara pembukaan di Hotel Bintang.

Bimtek dengan melibatkan pimpinan Partai Politik, Bawaslu dan dinas instansi terkait. KPU Magetan memaparkan tata cara penghitungan hasil perolehan suara pada Pemilu 2019 menjadi perolehan kursi. Selanjutnya, dari perolehan jumlah kursi, dijelaskan tata cara penetapan calon legislatif dengan suara terbanyak yang  terpilih.

“Penghitungan dilakukan dengan cara pembagian angka ganjil, 1, 3, 5, 7 dan seterusnya untuk di perolehan jumlah kursi masing masing partai. Baru selanjutnya perolehan kursi partai akan menempatkan caleg dengan suara terbanyak yang ditetapkan sebagai caleg terpilih,” Papar Ketua divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten, Istikah dalam paparan kepada para pimpinan Partai Politik.

Lebih lanjut Istikah menjelaskan, pada hasil penghitungan ini akan ditetapkan pada rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terplih Anggota DPRD Kabupaten Magetan pada Kamis (04/07/ 2019).

KPU MAGETAN DESAK CALEG TERPILIH SEGERA SERAHKAN BUKTI LHKPN
KPU MAGETAN BUKA KOTAK SUARA