113 total views, 1 views today

Reporter : Billyn

Editor : Dina Triasmadji

Magetan, kpud-magetankab.go.id – Tim Hukum KPU Kabupaten Magetan merancang dan membuat Berita Acara. Hal ini menyusul agenda pembukaan kotak suara untuk mengambil formulir model A.DPK-KPU dalam mempersiapkan Daftar Pemilih Khusus (DPK) untuk di input ke dalam Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih).

Kegiatan ini didasarkan pada Surat Edaran KPU RI nomor :942/PL.02.1-SD/01/KPU/VI/2019 yang menginstruksikan untuk merancang dan membuat Berita Acara pembukaan kotak suara. Fungsi lain yaitu sebagai bentuk akuntabilitas dan transparansi oleh KPU bahwa pembukaan kotak suara disaksikan oleh Bawaslu, Polres dan pihak terkait lainnya.

“Berita Acara dibuat untuk mendokumentasikan proses pembukaan kotak suara dalam rangka pengambilan A.DPK-KPU di dalam kotak, jadi Berita Acara sangat penting sebagai bukti bahwa pembukaan kotak tersebut sudah sesuai dengan prosedur yang disaksikan oleh Bawaslu, Polres dan pihak terkait lainnya,” ujar Dina Triasmadji, Kasubbag Hukum KPU Kabupaten Magetan Jum’at (28/6/2019).

Pembukaan kotak surat suara dilakukan serentak di seluruh Indonesia, guna memperbaiki data DPT seluruh Indonesia yang akan digunakan untuk Pilkada serentak pada tahun 2020 mendatang. Oleh sebab itu, perlu adanya proses yang benar dan bertanggungjawab dalam pelaksanaannya agar data yang dihasilkan sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan. KPU Magetan sendiri, rencanakan membuka kotak Senin depan (1/7) dengan melibatkan Bawaslu, Polres, dan pihak terkait.

KPU MAGETAN LAKUKAN KOORDINASI DENGAN KODIM
6 CALEG TERPILIH MAGETAN TERANCAM GAGAL DILANTIK