241 total views, 1 views today

Reporter : Billyn

Editor : Nur Salam

Magetan, kpud-magetankab.go.id – KPU Magetan melakukan sosialisasi jelang pemilihan ketua OSIS (PILKETOS) SMK YKP Magetan. Senin (02/09/2019).

Sosialisasi ini membahas bimbingan teknis saat pilketos yang diberikan langsung oleh Anggota KPU Magetan Nur Salam divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat & SDM dan Ismangil divisi Hukum.

“Kami dari KPU akan mendorong pemilihan ketua OSIS SMA/SMK secara serentak se Kabupaten Magetan di tahun 2020,” ungkap Nur Salam

Lebih lanjut Nur Salam menjelaskan kenapa pemilihan ketua OSIS penting untuk diformat, agar  PILKETOS ini layaknya pemilu dan dari KPU siap melakukan pendampingan untuk tahun ini dan selanjutnya.

Dalam sosialisasi ini juga dijelaskan tentang tahapan PILKETOS  dari pembentukan panitia penyelenggara atau KPO sampai tahapan pemilihan seperti sosialisasi, pemantauan/pengawasan, kampanye calon ketua OSIS, siapa saja yang berhak memilih, syarat apa saja untuk memilih seperti kartu pelajar, proses penghitungan suara dan rekapitulasi sampai dengan penetapan dan pelantikan.

“Semua pemilihan harus ada tiga unsur. Sesederhanya pemilihan,  pertama harus ada panitia pemilihan (Komisi Pemilihan OSIS) , lalu calon yang dipilih, dan ketiga yang memilih. Meskipun mekanismenya sederhana, tapi ketiga unsur itu harus ada,” paparnya

Ismangil menambahkan terkait motivasi agar para pelajar mempunyai mimpi yang harus diwujudkan. “Bagi seorang pelajar kalian harus punya mimpi. Kalau di lingkungan sekolah kalian bisa menjadi penyelenggara Pilketos. Nanti lima tahun kedepan minimal kalian bisa jadi penyelenggara Pemilu. Kalian harus punya impian mau jadi apa, dan harus diwujudkan,” terangnya.

FOTO : MEMENUHI THESIS, PPID KPU MAGETAN TERIMA PERMOHONAN INFORMASI
FOTO : PEMBINAAN SDM INTERNAL