79 total views, 1 views today

Magetan – Sebagai pemantapan persiapan Pemilu, KPU Magetan mengadakan Bimbingan Teknis Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2019. Bimtek ini diadakan di Gedung Pertemuan Kecamatan Magetan hari ini Jum’at (05/04/2019).

Bimtek pemantapan ini dihadiri oleh PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) se Kabupaten Magetan. Edi Wiyono selaku Anggota KPU Magetan divisi Teknis Penyelenggaraan menjelaskan tentang teknis pemungutan dan penghitungan suara. “Pemungutan dan penghitungan suara dilaksanakan pada hari yang sama dalam hal penghitungan belum selesai pada pukul 00:00 waktu setempat maka dapat diperpanjang tanpa jeda paling lama 12 (dua belas) jam sejak berakhirnya pemungutan suara atau pukul 12.00 waktu setempat 1 (hari) setelah hari pemungutan suara, sesuai SE KPU RI tanggal 29 Maret 2019,” paparnya

“Terkait pengisian C1, rumusnya jumlah surat suara yang digunakan sama dengan jumlah surat suara sah dan tidak sah,” kata Agus Dwi Hanggono divisi Hukum yang menjelaskan tata cara pengisian form Model C1.

Dengan adanya Bimtek pemantapan pemungutan dan penghitungan suara pemilu 2019 ini, diharapkan penyelenggara pemilu tingkat PPK paham akan mekanisme Pemungutan dan Penghitungan Suara yang nantinya akan digunakan untuk bimtek di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Pemilu RUN Semangatnya Demokrasi
Ayo Nyoblos, 17 APRIL 2019