23 total views, 1 views today

Surabaya, Kpu-magetankab.go.id – Komisioner KPU dan Bawaslu Kabupaten Magetan mengikuti rapat koordinasi bersama yang digelar oleh Bawaslu Provinsi Jawa Timur di Surabaya, Sabtu (4/11/2019). Rapat Koordinasi fokus membahas mengenai evaluasi penyelenggaraan Pemilu 2019.
Evaluasi bersama Bawaslu, KPU, dan Bawaslu Kab/Kota se-Jatim ini dihadiri oleh jajaran KPU Provinsi Jatim, Ketua Bawaslu RI Abhan, Ketua KPU RI Arief Budiman serta Ketua DKPP Prof. Dr. Harjono. Selain itu juga dihadiri pejabat pemerintah Provinsi Jawa Timur termasuk TNI dan POLRI.
“evaluasi merupakan bagian dari tahapan penyelenggaraan Pemilu, sehingga wajib untuk diselenggarakan pada setiap Pemilu berikutnya,” ungkap Ketua KPU RI Arief Budiman dalam sambutanya.
Lebih lanjut Arief Budiman menjelaskan, dalam evaluasi penyelenggaraan Pemilu juga dilakukan terhadap penyelenggara. Salah satu evaluasi yang dapat dilakukan yakni terkait sinergisitas antara KPU dan Bawaslu dalam setiap tahapan penyelenggaraan Pemilu.
“Kalaupun ada perbedaan pendapat antara KPU dan Bawaslu dalam menyikapi sesuatu, itu merupakan hal yang biasa. Namun dengan telah terjalinnya komunikasi kerja dan relasi yang baik diantaranya, semua permasalahan akan dapat diseleseikan. Bahkan harus membangun relasi layaknya keluarga,” ujar Arief.
Lebih lanjut Arief Budiman menjelaskan, setiap tahapan dan pelaksanaan Pemilu selalu memunculkan adanya permasalahan. Namun antara KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara Pemilu haruslah menjalin komunikasi yang baik untuk mengatasi semua persoalan yang terjadi.
“Kalau komunikasi KPU dan Bawaslu dari pusat dan daerah tidak baik, maka dipastikan Pemilu pasti semakin tidak mudah dan justru bermasalah. Sehingga melalui evaluasi ini diharapkan akan semakin membuka komunikasi yang baik diantara kita semua. Dari evaluasi ini ke depan Pemilu pasti semakin sukses,” pungkas Arief.
Evaluasi yang digelar di Hotel Whyndam selama tiga hari ini turut diikuti oleh lima komisioner KPU Magetan serta lima komisioner Bawaslu Magetan. Dari rakor ini diharapkan masing-masing penyelenggara Pemilu mampu melakukan koreksi atas kinerja penyelenggaraannya dalam Pemilu 2019 demi merancang Pemilu dan Pemilihan yang lebih baik lagi dan berkualitas.

FOTO: APEL PERTAMA DI BULAN NOVEMBER
LAWAN HOAX, YUK KENALI CIRI-CIRI BERITA HOAX