35 total views, 1 views today

 

Magetan, Kpud-magetankab.go.id – Puluhan pelajar SMKN 1 Magetan menggelar diskusi di Gazebo Ruang Diskusi Rumah Pintar Pemilu (RPP) Jalak Lawu KPU kabupaten Magetan, Kamis (07/11/2019). Mereka focus mencari solusi atau cara menekan angka Golput.

“Menurut saya salah satu cara menekan angka Golput dengan melakukan penyuluhan atau sosialisasi dengan langsung ke masyarakat. Mereka diberikan penjelasan pentingnya Pemilu bagi keberlangsung negara,” ungkap mega mengawali Diskusi dalam rangka fasilitasi RPP Jalak Lawu.

Dengan cukup antusias satu persatu siswa mengungkapkan gagasan atau ide bagaimana sosialisasi dilakukan khususnya bagi kalangan pelajar. Mereka juga merancang bagaimana sosialisasi dikemas dengan acara yang menarik.

“Sosialisasi bisa dilakukan dengan cara menyenangkan, misalkan menggunakan hiburan musik artis terkenal. Sehingga pengunjungnya pasti tambah banyak. Jadi masyarakat tambah berminat untuk mengikuti Pemilu,”tambah Ayu menimpali gagasan siswi lain.

Dengan tema diskusi menekan angka golput ini pada pemilu ini, para pelajar kelas 10 ini berharap dapat memetik pelajaran untuk diterapkan pada pemilihan ketua OSIS Sehingga pemilihan ketua OSIS bisa menggunakan cara dan model layaknya Pemilu.

Sementara itu Anggota KPU Kabupaten Magetan Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilihan dan Partisipasi Masyarakat dan SDM Nur Salam, Diskusi pada kunjungan ini diharapkan dapat memberikan media bagi para pelajar untuk turut berperan aktif dalam Pemilu. Selain itu mereka juga mulai belajar mengemas pemilu pada pemilu ketua osis di sekolah mereka.

“Banyak cara bagaimana menekan angka Golput melalui sosialisasi dan pendidikan pemilih. Utamanya bagaimana Pemilu ini menyenangkan bagi semua orang. Sehingga Pemilu berkuwalitas dan jauh dari konflik. Nah ini perlu ada generasi muda khususnya pelajar ini yang mempelopori..,” seru Nur Salam disambut herois para siswi.

Selain berdiskusi pelajar tersebut juga berkeliling mengunjungi setiap ruang di KPU Magetan, para pelajar juga mendapatkan pemaparan tentang pengertian, pentingnya dan sejarah pemilu oleh Ketua dan Anggota KPU Magetan.

AKU PAHLAWAN MASA KINI, KPU MAGETAN GELAR UPACARA HARI PAHLAWAN 2019
BELAJAR PEMILU, SMKN 1 MAGETAN KUNJUNGI RUMAH PINTAR PEMILU KPU MAGETAN