93 total views, 1 views today

MAGETAN-KPU Kabupaten Magetan mendapat kunjungan 2 (dua) orang Alumni SMA Negeri 1 Magetan bertempat di RPP (Rumah Pintar Pemilu) “Jalak Lawu” KPU Kabupaten Magetan, (21/04).

Kunjungan alumni SMAN 1 Magetan ke RPP (Rumah Pintar Pemilu) “Jalak Lawu” KPU Kabupaten Magetan ini diterima oleh Nanik Karsini  Plt. Kasubag Teknis

“Kami mengunjungi Rumah Pintar Pemilu karena sebagai pemilih pemula yang  sudah ber-KTP Elektronik dan ingin belajar berdemokrasi,” jelas Rahmawati siswi SMAN 1 Magetan. Disamping itu apakah kami nanti bisa memilih di tempat kami kuliah apa harus pulang ke magetan pada saat Pemilihan, saat ini kami sedang kuliah di Solo Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Nanik Karsini Plt.Kasubag Teknis menjelaskan bahwa dalam Pemilukada serentak yang akan di gelar pada tanggal 27 Juni 2017 nanti, agar bisa menggunakan hak pilihnya harus memilih di Magetan, tetapi untuk Pemilu serentak yang akan di laksanakan pada tahun 2019 bisa menggunakan hak pilihnya di tempat kuliah dengan mengurus namanya formulir A5.  

Selanjutnya sebagai pemilih pemula yang sudah mempunyai KTP Elektronik nantinya dapat mengecek nama mereka di alamat website data.kpu.go.id apakah sudah terdaftar atau belum sebagai pemilih di Pemilukada Serentak 2018.

“Pemilih nantinya tinggal memasukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan akan terlihat si pemilih terdaftar di TPS mana akan menggunakan hak pilihnya,” terang Nanik Karsini.

“Dengan adanya Rumah Pintar Pemilu ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya tentang pemilu dan demokrasi untuk memajukan demokrasi di Kabupaten Magetan,” tambah Nanik Karsini.(nnk/eabs)

FGD Persiapan Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada 2018
Persamaan Hak Perempuan untuk dipilih atau memilih