108 total views, 1 views today

Magetan, kpud-magetankab.go.id – Mengawali pagi di hari ini Rabu (13/11) KPU Magetan melakukan audiensi Rumah Pintar Pemilu (RPP) Jalak Lawu kepada siswa/i SMA Negeri 1 Magetan. Bertempat di gedung serbaguna SMA N 1 Magetan, sebanyak 75 siswa/i mendapatkan wawasan dan informasi mengenai RPP Jalak Lawu serta pengetahuan demokrasi dan kepemiluan.
Ketua KPU Kabupaten Magetan Fahruddin,  hadir secara langsung sebagai pemateri dan disambut sangat antusias oleh keseluruhan siswa/i dan ibu bapak guru yang hadir mengikuti kegiatan ini.
Dari keseluruhan materi yang kami sampaikan, ada 7 (tujuh) pertanyaan yang disampaikan dan kesemuanya adalah pertanyaan yang sangat bagus dan berbobot. Benar-benar memacu adrenalin pengetahuan mereka, sangat ilmiah dan antusias. Saya sangat mengapresiasi siswa/i SMA N 1 Magetan karena dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada kami ternyata mereka telah banyak memiliki wawasan mengenai kepemiluan dan dapat disimpulkan mereka juga mengikuti proses jalannya Pemilu di tahun 2019. Riuhnya rivalitas dalam perhelatan Pemilu 2019 hingga proses persidangan sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) utamanya Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI mereka mengikutinya. Media Televisi (TV) dan dunia media sosial (Medsos) telah banyak memberikan kontribusi kepada siswa/i SMA N 1 Magetan dalam pola pikir atas pelaksanaan Pemilu tahun 2019. Pertanyaan mengenai praktik money politics atau serangan fajar, bagaimana tentang mencoblos bilamana diwakilkan, memilih jika berada diluar daerah/diluar negeri, bagaimana seseorang dapat ditunjuk sebagai seorang saksi dalam persidangan di MK terkait Pilpres mengapa dalam kesaksiannya terkesan tidak nyambung dan apakah sebelumnya tidak dibekali terlebih dahulu, bagaimana proses penghitungan dan rekapitulasi perolehan suara dari tingkat TPS hingga tingkat nasional, bagaimana KPU mempertanggungjawabkan asas keterbukaan/transparansi terkait hasil Pemilu dan yang terakhir adalah mengenai meninggalnya KPPS dan penyelenggara Pemilu dan/atau petugas ketertiban yang ada di TPS serta pihak lain yang terlibat dalam Pemilu. “ungkap Fahrudin”.
Lebih lanjut Fahrudin menambahkan. Yang kami sampaikan hari ini adalah hanya sebagian kecil informasi kepemiluan yang ada di RPP Jalak Lawu. Harapan kami selesai audiensi RPP Jalak Lawu ini nanti siswa/i di SMA N 1 Magetan dapat mengunjungi RPP Jalak Lawu untuk belajar lebih dalam lagi mengenai kepemiluan. Tentang sejarah kepemiluan dari masa ke masa, belajar berdemokrasi yang baik, berpolitik yang clean and clear, mempelajari buku-buku pemilu, tentang bagaimana seseorang itu bisa menjadi Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota, Gubernur/Wakil Gubernur, Presiden/Wakil Presiden, Anggota DPRD Kabupaten/Kota, Anggota DPRD Provinsi, Anggota DPR RI dan Anggota DPD RI dan lain-lain.
AUDIENSI RPP: KPU MAGETAN SAPA PEMILIH PEMULA SMA PGRI MAOSPATI
AUDIENSI RPP: KPU MAGETAN SAMBANGI IBU-IBU PENGAJIAN